Kamis, 29 Oktober 2009

Merawat Kain Batik Berserat


Batik merupakan salah satu warisan budaya yang tak ternilai. Kini bahan batik semakin beragam, salah satunya adalah yang berbahan serat alam. Masing-masing bahan memerlukan perlakuan khusus yang berbeda untuk menjaga agar batik tetap awet, warna tidak pudar, dan tetap tampak indah. Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan.

• Pada saat mencuci batik jangan digosok. Jangan pula menggunakan deterjen. Bila memang        terdapat noda, gunakan sabun mandi atau usapkan kulit jeruk untuk mengatasinya. Bila batik    tidak kotor, cukup dicuci dengan air hangat. 

• Jemur batik di tempat teduh. Tak perlu memeras kain batik sebelum menjemurnya. Namun,  pada saat menjemur, bagian tepi kain agak ditarik pelan-pelan supaya serat yang terlipat  kembali seperti semula.

• Sebaiknya hindari penyeterikaan. Kalaupun terlalu kusut, semprotkan air di atas kain  kemudian letakkan sebuah alas kain di bagian atas batik itu baru diseterika. Jadi, yang  diseterika adalah kain lain yang ditaruh di atas kain batik.

• Simpan batik dalam plastik agar tidak dimakan ngengat, atau gunakan merica yang dibungkus    tisu dan simpan di dalam lemari, untuk mengusir ngengat. Jangan gunakan kapur barus karena  bisa merusak batik. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar