Minggu, 09 Agustus 2009

Jajanan Tradisional Yang Mengundang Selera

Tak pernah lengkap rasa nasionalisme atau kecintaan Anda terhadap Indonesia jika tidak pernah mencoba makanan/ jajanan tradisional kita sendiri. Sebagai kota yang masih kental sentuhan tradisionalnya, Bandung memiliki banyak pilihan makanan/ jajanan tradisional yang lezat, yang menjadi alasan banyak orang untuk berkunjung. Berikut adalah beberapa di antaranya:

1. Colenak

Jajanan ini berbahan dasar peuyeum (tape) yang dibakar, dan disajikan dengan parutan kelapa yang dimasak dengan gula merah. Nama "Colenak" sendiri berasal dari kata "dicocol enak". Makanan ringan ini cocok untuk dinikmati di sore hari ditemani teh tawar hangat.
* Anda bisa mencoba jajanan ini, salah satunya di "Colenak Murdi Putra", yang terletak di Jl Ahmad Yani No. 733 Bandung.

2. Bajigur & Bandrek

Bajigur dan Bandrek ibarat sahabat karib, keberadaannya sulit dipisahkan. Bajigur terbuat dari campuran kopi, gula jawa, santan, dan kolang-kaling. Sementara Bandrek terbuat dari gula aren, jahe, dan rempah-rempah pilihan. Minuman ini jadi teman yang tepat untuk menghangatkan tubuh dari dinginnya udara Bandung.
* Temukan minuman ini di berbagai tempat di Bandung, salah satunya di "Bajigur Hj. Siti Maemunah", yang terletak di kawasan Jl Cilaki, Bandung.

3. Surabi Imut

Berkat inovasi yang dilakukannya lewat varian rasa, makanan yang terbuat dari tepung beras dan kelapa ini, sekarang telah menjadi idola. Harga murah dan letak yang strategis, membuat surabi ini dipenuhi pengunjung setiap harinya. Salah satu menu yang patut Anda coba di sini adalah Surabi Fla Straberry, Surabi Sosis Telur Keju, Yoghurt Sirsak, dan lain-lain.
* Surabi Imut terletak di Jl Setiabudhi, Bandung, berseberangan dengan kampus Enhaii.

4. Lotek

Namanya mungkin tidak mengundang selera, tapi bila Anda ingin makan sayuran dengan cara yang lebih enak, Anda harus mencoba makanan yang satu ini. Lotek dibuat dari bermacam sayur-sayuran seperti, kangkung, kacang panjang, kentang, dan lain-lain, yang disiram dengan bumbu kacang.
* Salah satu tempat makan Lotek yang bisa Anda coba adalah di Jl Tengku Angkasa, Bandung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar