Minggu, 08 November 2009

Menu Dessert Peninggalan Belanda


Walaupun orang-orang Indonesia tidak terlalu umum dengan makanan pencuci mulut (dessert) layaknya orang-orang barat, tapi makanan-makanan jenis ini justru seringkali jadi makanan selingan yang sedap di santap kapanpun. Bandung yang dikenal juga sebagai Parisj Van Java memiliki bermacam jenis makanan pencuci mulut, hasil peninggalan negara-negara barat yang terkenal dengan kincir anginnya, yaitu Belanda.

Klappertaart

Kue yang satu ini merupakan kue warisan kolonial Belanda yang dipopulerkan oleh masyarakat Manado. Ciri khas kue ini adalah kelapa mudanya dan rum. Bentuk dan teksturnya seperti custard, lembut, meski ada juga jenis yang keringnya. Pencuci mulut yang satu ini pun jadi salah satu jajanan idola para turis lokal untuk dibawa sebagai oleh-oleh. Rasakan saat makanan ini sampai di mulut dan lumer seketika dengan kombinasi lembut dan renyahnya kelapa muda segar. Selain cocok sebagai dessert, makanan ini juga cocok untuk dinikmati sore hari bersama teh hangat. 

Es krim “Rasa”

Hawa dan cuaca Bandung yang mulai tidak bisa diprediksi dan cenderung panas ini, menjadikan es krim sebagai makanan/ jajanan pilihan yang enak disantap saat terik matahari mulai menyerang. Terletak di sekitar Jl Tamblong, terdapat sebuah toko es krim cita rasa Eropa yang terkenal, dari tahun 1930-an hingga 1940-an, bernama Rasa Ice Cream & Bakery. Menu es krim yang disediakan di sana, konon sudah terkenal se-Indonesia, hingga mampu mengundang banyak turis lokal. Anda bisa mencoba berbagai menu es krim home made yang terkenal sejak jaman pendudukan Belanda dahulu. Salah satu menu yang wajib Anda coba adalah Coconut Royale, Es Kopyor Spesial, dan Tutti Frutti. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar