Minggu, 08 November 2009

GEDUNG MERDEKA & TAMAN LALU LINTAS SEBAGAI IKON BANDUNG



Setiap kota di Indonesia, bahkan di setiap negara memiliki berbagai titik/ tempat bersejarah, yang seolah mampu menjadi ikon kota/ negara itu sendiri. Tempat-tempat tersebut bisa merupakan gedung, tugu, museum, dan lain-lain, yang pada dasarnya ada (dibangun) untuk berbagai maksud tertentu. Memperingati jasa pahlawan misalnya, atau sebagai salah satu pengingat akan sebuah peristiwa. Seperti halnya Gedung Merdeka dan Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani Nasution yang dimiliki Bandung. 


Gedung Merdeka

Gedung Merdeka atau yang pada awalnya bernama Socitet Concordia (SC) ini, berdiri tahun 1895 dan terletak di pusat kota Bandung. Waktu itu, gedung ini hanya berupa bangunan sederhana yang digunakan sebagai tempat rekreasi bagi orang-orang Eropa di Bandung. Pada malam hari, di gedung ini dipentaskan berbagai pertunjukan kesenian, makan malam, dan hiburan lainnya. Namun sejarah gedung ini berubah saat Indonesia merdeka. Gedung ini diambil alih dan diganti namanya menjadi Gedung Merdeka oleh Presiden Soekarno. Pergantian nama ini dilakukan menjelang Konferensi Asia Afrika (KAA) di Bandung pada tahun 1955.

Hingga kini, salah satu ikon kota Bandung di mata dunia ini sering dijadikan objek berfoto bagi para turis ataupun peho bi foto, selain tentunya masih rutin digunakan untuk menggelar Konferensi Asia Afrika (KAA).

Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani Nasution

Taman Lalu Lintas merupakan sarana pendidikan informal untuk menanamkan etika berlalu lintas bagi anak-anak di Bandung, selain sebagai tempat berekreasi pertama di Indonesia. Awalnya taman ini bernama Insulindenpark (sejak 1925). Kemudian berubah menjadi Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani untuk mengenang pahlawan cilik putri putri almarhum Jend. A.H. Nasution. Ade Irma Suryani meninggal tertembak dalam peristiwa Gerakan 30 September (G30S). 

Sebagai salah satu tempat rekreasi di kota Bandung, hingga kini Taman Lalu Lintas masih menjadi pilihan banyak orang, khususnya para keluarga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar